/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Kamis, 07 Februari 2013

Khulafaur Rasyidin

Khulafaur Rasyidin adalah empat orang khalifah yang di percaya oleh umat Islam sebagai penerus kepemimpinan Nabi Muhammad SAW setelah ia wafat. Empat orang tersebut ialah sahabat dekat Nabi Muhammad SAW dan paling dikenal dalam membela ajaran yang dibawanya di saat masa kerasulan Nabi Muhammad SAW.

Abu Bakar Shiddiq
Abu Bakar mendapat gelar Shiddiq setelah masuk islam. Setelah memeluk Islam namanya diganti oleh Muhammad menjadi Abu Bakar. Ia digelari Shiddiq yang berarti yang terpercaya setelah ia menjadi orang pertama yang mengakui peristiwa Isra' Mi'raj.

Ia juga adalah orang yang ditunjuk oleh Muhammmad untuk menemaninya hijrah ke Yatsrib. Ia dicatat sebagai salah satu Sahabat Muhammad yang paling setia dan terdepan melindungi para pemeluk Islam bahkan terhadap sukunya sendiri.Abu Bakar memimpin selama dua tahun dari tahun 632 hingga tahun 634 M. Pada tahun 634 M ia meninggal dunia. Posisi-nya pun digantikan oleh Umar Bin Khattab.



Umar Bin Khattab

Umar Bin Khattab adalah khalifah ke-2 dalam sejarah Islam. Umar Bin Khattab  memerintah selama sepuluh tahun dari tahun 634 hingga 644. Masa jabatannya berakhir dengan kematian. Dia dibunuh oleh seorang Zoroastrianis, budak Fanatik dari Persia bernama Abu Lu'lu'ah.

Untuk menentukan penggantinya, Umar tidak menempuh jalan yang dilakukan Abu Bakar. Dia menunjuk enam orang sahabat dan meminta kepada mereka untuk memilih salah seorang di antaranya menjadi khalifah. Enam orang tersebut adalah Usman, Ali, Thalhah, Zubair, Sa'ad ibn Abi Waqqash, Abdurrahman ibn 'Auf. Setelah Umar wafat, tim ini bermusyawarah dan berhasil menunjuk Utsman Bin Affan sebagai khalifah.


Utsman Bin Affan

Utsman Bin Affan dilahirkan pada tahun 573 M pada sebuah keluarga dari suku Quraisy bani Umayah. Nenek moyangnya bersatu dengan nasab Nabi Muhammad saw. pada generasi ke-5. Sebelum masuk islam ia dipanggil degan sebutan Abu Amr. Ia begelar Dzunnurain, karena menikahi dua putri Nabi Muhammad saw.

Utsman Bin Affan adalah khalifah ke - 3 dalam sejarah Islam. Utsman Bin Affan menjadi khalifah dari tahun 644 sampai tahun 655. Di masa pemerintahan Utsman Bin Affan. Armenia, Tunisia, Cyprus, Rhodes, dan bagian yang tersisa dari Persia, Transoxania, dan Tabaristan berhasil direbut. Akhirnya pada tahun 655 M, Utsman dibunuh oleh kaum pemberontak yang terdiri dari orang-orang yang berhasil dihasut oleh Abdullah bin Saba.



Ali Bin Abi Thalib

Setelah Utsman Bin Affan wafat, masyarakat beramai-ramai memilih Ali ibn Abi Thalib sebagai khalifah. Selama masa pemerintahannya, ia menghadapi berbagai pergolakan. Tidak ada masa sedikit pun dalam pemerintahannya yang dapat dikatakan stabil.

Pada tanggal 20 ramadhan 40 H ( 660 M ), Ali terbunuh oleh salah seorang anggota Khawarij yaitu Abdullah bin Muljam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar